Menurut Apple, 128GB di iPhone Itu Sudah Mencukupi

Dibanding pabrikan lain, Apple bisa dibilang salah satu yang paling pelit dalam memberikan storage untuk ponsel buatannya. Sampai tahun ini, mereka masih bertahan di kapasitas penyimpanan 128GB untuk varian terkecilnya.

Setidaknya sudah tiga tahun mereka mempertahankan kapasitas tersebut — Nana4D setelah sebelumnya bertahan di 64GB. Namun menurut Apple, setidaknya lewat iklan terbaru mereka, 128GB adalah kapasitas yang masih sangat mencukupi.

Dalam video iklan berdurasi 30 detik tersebut, digambarkan seorang pria tengah mempertimbangkan untuk menghapus foto-foto di iPhone-nya. Namun foto-foto tersebut terlihat “menangis” sambil bernyanyi “don’t let go”, sesuai dengan judul video tersebut.

Kemudian si pria terlihat membatalkan niat untuk menghapus foto-foto tersebut, dan pesan yang disampaikan adalah iPhone 15 mempunyai kapasitas penyimpanan yang mencukupi untuk foto yang banyak.

Salah satu keluhan terbesar pengguna iPhone — selain baterai — adalah kapasitas penyimpanan yang terbatas untuk varian termurah. Mereka baru menaikkan kapasitas minimal dari 64GB ke 128GB saat merilis iPhone 13 pada 2021, dan naik dari 32GB ke 64GB saat iPhone X dirilis pada 2018.

Jika melihat siklus tiga tahun ini, semestinya kapasitas storage terkecil untuk iPhone 16 akan dinaikkan menjadi 256GB(?). Namun Apple malah meluncurkan kampanye kalau 128GB itu sudah cukup besar.

Sebagai informasi, 128GB di iPhone situs toto untuk pengguna normal mungkin sudah terisi setengahnya untuk aplikasi. Berarti hanya tersisa setengahnya untuk foto ataupun video. Solusinya tentulah iCloud, sumber pemasukan lain bagi Apple.

Apple memberikan iCloud secara cuma-cuma dengan kapasitas 5GB, yang jelas tak cukup. Jadi pengguna tetap harus membayar untuk bisa menggunakan iCloud dengan kapasitas yang pantas. Jika tidak mau, solusi lainnya adalah menghapus aplikasi tak terpakai atau foto-foto lama.

Ya, bukan berarti tak ada iPhone yang punya storage mumpuni, karena ada juga iPhone yang punya storage 1TB. Namun harganya jelas menjulang tinggi, setidaknya USD 700 lebih mahal dibanding varian termurahnya. Mungkin USD 700 tersebut akan lebih baik dipakai untuk membayar iCloud+ kapasitas 2TB selama hampir enam tahun.

Tersedia Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Slot Gopay

Slot Mahjong

Scatter Hitam

Mix Parlay